Sabtu, 27 Agustus 2011

MADU ASLI VS MADU PALSU


Bagi temen-temen yang tiap harinya rutin konsumsi madu wajib tau nie. Sekarang kan banyak banget produk-produk madu beredar di pasaran, diantaranya banyak terdapat madu palsu. Madu palsu maksudnya paan sich? Yakni,madu yang ditambahkan gula tambahan ato bahan lain alias gak murni. Yang namanya madu palsu artinya dari segi khasiat pasti dah berkurang dong (rugi udah beli tapi khasiatnya ga ada L ). Nah, maka dari itu , ada cara nie tuk ngebedain madu asli dengan madu palsu :
  1. Mencampurnya dengan kuning telur
    Campurkan dua sendok makan madu dengan kuning telur, lalu kocok. Jika kuning telur tampak mengkristal seperti matang, maka madu Kamu asli.
  2. Kocok madu dalam botol
    Madu yang asli jika dikocok akan berbusa. Busa dan udara yang terbentuk akan naik dan menekan tutup botol sehingga ketika tutup botol dibuka akan terdengar suara letupan kecil.
  3. Teteskan madu pada kertas koran
    Jika madu yang Kamu miliki adalah madu yang asli, tidak mudah diserap kertas, karena kadar air yang terkandung di dalam madu asli lebih rendah dibandingkan madu palsu.
  4. Madu asli memiliki rasa lebih asam
    Madu yang palsu memiliki rasa lebih manis karena ditambahkan gula, sehingga akan dikerubungi oleh semut jika dibiarkan dalam keadaan terbuka.

7 komentar:

  1. mantap..jadi harus hati-hati nih kalo ada penjual madu..ASLI ATO PALSU

    BalasHapus
  2. makasih ya jadi pingin jadi agen nih

    BalasHapus
  3. waah... semuanya mitos tuh, yg valid uji laborat

    BalasHapus
  4. Itu mitos aja.. madu yang asli juga dikerubungi oleh semut.. justru karena mitos yg berkembang di masyarakat seperti itu, maka madu palsu ditambahi zat yg tidak disukai oleh semut..

    BalasHapus
  5. makasih nih tipsnya, jadi bisa membedakan mana madu asli dan palsu.

    BalasHapus