Rabu, 17 Agustus 2011

7 Tips Untuk Menambah Berat Badan


Bagi beberapa orang, menambah berat badan bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Cara paling tepat untuk menambah berat badan adalah dengan mengatur pola makan dengan baik dan juga melakukan latihan beban dengan teratur. Nah, berikut ini ada 7 tips untuk membantu Kamu menambah berat badan dengan efektif.
Menambah berat badan bukan berarti membuat semuanya menjadi “super”.
Jadi, bukan berarti Kamu harus makan dalam jumlah super banyak dan latihan super berat untuk menambah berat badan Kamu. Yang perlu Kamu lakukan adalah dengan mengatur pola diet dan latihan Kamu dengan tepat. Simak tipsnya berikut ini.
  1. Berhitung
    Menghitung kalori Kamu setiap hari adalah yang wajar ketika Kamu berusaha untuk menambah berat badan. Untuk menambah berat badan Kamu, maka Kamu butuh asupan kalori yang lebih banyak. Oleh karena itu, mulailah hitung berapa banyak kebutuhan kalori Kamu dan berapa banyak asupan kalori Kamu setiap hari.
  2. Makan
    Makan adalah faktor yang paling penting yang Kamu butuhkan untuk menambah berat badan dengan efektif. Ini masuk akal bahwa Kamu perlu makan lebih banyak kalori daripada yang dibakar. Setelah menghitung kalori Kamu, maka kalau Kamu masih mengkonsumsi kalori dalam jumlah yang kurang dari yang Kamu butuhkan, mulailah menambah kalori Kamu. Tapi ingat, konsumsilah good calorie! Konsumsilah kalori yang berasal dari karbohidrat baik, lemak baik, serta protein berkualitas. Makan 6 kali sehari adalah awal yang baik. Sarapan, makan siang, makan malam, dan 3 kali snack di antaranya secara teratur sepanjang hari. Daging, ayam, buah, susu, sayuran, keju, dan berbagai macam jenis kacang-kacangan adalah makanan yang baik untuk Kamu konsumsi. Apa yang Kamu makan akan menentukan keberhasilan program menambah berat badan Kamu.
  3. Angkat Beban
    Seperti yang sudah disebutkan di atas, pola makan yang tepat penting untuk menambah berat badan Kamu, tetapi untuk menambah berat badan maka Kamu sebaiknya menambah massa otot, bukan lemak. oleh karena itu, Kamu perlu melengkapi program Kamu dengan latihan angkat beban. Untuk menambah berat badan, lakukan latihan teratur 3-4 kali seminggu. Pastikan Kamu mengangkat beban dengan benar. Berikan pula waktu istirahat yang cukup bagi otot Kamu untuk pulih sebelum melatihnya lagi di latihan berikutnya.
  4. Menimbang Berat Badan
    Timbang berat badan Kamu di akhir minggu. Tapi jangan terlalu senang dulu jika Kamu mengalami kenaikan berat badan, apalagi jika kenaikan tersebut cukup drastis. Untuk menambah berat badan dengan optimal, maka Kamu perlu untuk menambah massa otot dalam tubuh Kamu, sehingga pastikan Kamu juga memantau apakah kenaikan berat badan Kamu disebabkan oleh bertambahnya massa otot Kamu atau malah lemak Kamu yang bertambah.
  5. Jauhi Lemak Jahat
    Hindari lemak jahat seperti lemak jenuh dan lemak trans yang bisa meningkatkan risiko Kamu untuk terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Kamu ingin menambah berat badan, tapi Kamu tidak ingin berat badan yang Kamu dapatkan hanya lemak, ‘kan? Untuk itu, batasi konsumsi kue, keripik, permen, makanan gorengan, apalagi junk food. Konsumsilah lemak baik, entah itu dari ikan tuna (dan ikan laut lainnya), minyak
  6. Cukup Minum Air
    Minum 8 gelas air sehari dibutuhkan untuk membuat Kamu tetap berenergi dan mengoptimalkan metabolisme tubuh Kamu. Dehidrasi dapat menyebabkan segala macam masalah kesehatan, termasuk stamina kurang di gym, sehingga hasil latihan Kamu untuk menambah berat badan pun kurang.
  7. Tidur yang Cukup
    Perbanyaklah istirahat dan tidur Kamu. Ini adalah salah satu tips menambah berat badan termudah namun paling sering diabaikan. Tidur minimal 8 jam setiap malam diperlukan tubuh Kamu untuk berfungsi dengan baik.
Bagaimana dengan Suplemen?
Untuk menambah berat badan, suplemen bukanlah keharusan, tetapi suplemen akan membantu Kamu menambah berat badan lebih cepat. Namun demikian ingat bahwa pola diet dan latihan adalah kunci utama agar Kamu bisa menambah berat badan dengan efektif. Pertimbangkan konsumsi suplemen untuk membantu mengoptimalkan program Kamu.

1 komentar:

  1. mantap gan, ininih tipsyang dicari adek ane daridolo
    moga-mogaaja dia nambah beratnya haahah

    BalasHapus