Selasa, 02 Agustus 2011

CARA MENAIKKAN BERAT BADAN

Hei hei, pembaca! Kalo diliat jaman sekarang ini, banyak banget diantara kita yang mengeluhkan masalah berat badan. Entah karena kegemukan lah, atau kurang Ideal. Tapi ane yakin neh, pasti sebagian temen temen juga banyak yang pengen gemuk karna berat badan kurang alias terlalu kurus  (saya juga soalnya :D ). Namun, sebelum Kamu mengeluh bahwa berat badan Kamu kurang, perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki titik keseimbangan berat badan berbeda-beda. Beberapa orang secara alami memiliki badan langsing karena titik keseimbangan berat badannya rendah. Meskipun tidak membatasi makanan, berat badan mereka tidak pernah naik. Jika Kamu termasuk dalam kelompok tersebut, masalah Kamu bukanlah berat badan itu sendiri tetapi persepsi Kamu mengenainya. Dari segi kesehatan, kondisi Kamu yang langsing justru menguntungkan karena Kamu berisiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan masalah kesehatan lain seperti diabetes.
Masalah baru muncul bila badan Kamu terlalu kurus (BMI Kamu kurang dari 18). Selain membuat kurang percaya diri alias gak pede, terlalu kurus dapat meningkatkan risiko osteoporosis, gangguan kesuburan, melemahkan sistem kekebalan tubuh, dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Tubuh yang terlalu kurus biasanya disebabkan oleh:
  • Penurunan berat badan yang signifikan karena penyakit, anoreksia, depresi, dll.
  • Gaya hidup yang buruk seperti bekerja terlalu keras, merokok berat dan mengonsumsi narkoba.
  • Kurang gizi karena diet, mengabaikan makan, atau kemiskinan.
Bagaimana menaikkan berat badan?
Bila berat badan Kamu terlalu rendah dan ingin menaikkannya, beberapa tips berikut mungkin membantu:
1. Tingkatkan asupan kalori
Untuk menaikkan berat badan, jumlah asupan kalori Kamu harus lebih besar dari jumlah kalori yang Kamu bakar. Jumlah kalori yang Kamu bakar dalam sehari terdiri dari jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh untuk proses dasar seperti bernafas, sirkulasi darah, perbaikan dan aktivitas sel, dan kalori yang dibakar untuk aktivitas fisik. Tingkatkanlah asupan kalori Kamu dengan:
  • Menambahkan lemak sehat ke dalam makanan Kamu. Contoh sumber lemak sehat adalah alpukat, zaitun, kacang, dan minyak ikan. Ingatlah bahwa makanan berlemak tidak sehat seperti sate kambing, steak, es krim, dll tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, meskipun Kamu kurus. Kolesterol jahat pada makanan-makanan tersebut tetap berbahaya bagi Kamu.
  • Minum jus atau susu sebagai pengganti air putih.
  • Makan empat kali sehari: sarapan, makan siang, makan sore dan makan malam.
  • Mendapatkan sarapan yang lebih lengkap dengan nasi, sayur, lauk-pauk dan buah-buahan.
  • Mengonsumsi makanan ringan lebih banyak, terutama jika Kamu mengalami kesulitan memakan makanan besar.
  • Memilih makanan yang lebih padat kalori, yaitu yang berkalori lebih banyak dalam volume yang lebih kecil.
2. Lakukan aktivitas fisik
Olahraga dapat menambah berat badan dengan meningkatkan massa otot. Sebagai hasilnya, tubuh Kamu lebih berisi, lebih sehat dan lebih indah. Jika Kamu kurang berolahraga, kenaikan berat badan didapatkan dari penambahan massa lemak, yang membuat tubuh Kamu lebih rentan penyakit dan kurang indah. Selain itu, olahraga adalah perangsang nafsu makan yang baik. Untuk tujuan kenaikan berat badan, pilihlah jenis olahraga kebugaran, bukan olahraga daya tahan (endurance).

3. Tingkatkan kesehatan mental Kamu
Bergaullah dengan orang-orang yang humoris dan optimistis. Kelucuan dan semangat mereka membuat Kamu lebih mencintai kehidupan. Nikmatilah kelakar mereka, bahkan bila itu termasuk olok-olok mengenai badan Kamu yang kurus. Banyak tertawa meningkatkan nafsu makan Kamu!

Ayo, bagi yang pengen gemuk ideal ikutin saran diatas yah  :)


1 komentar: